1. Setelah domain organisasi anda terdaftar dalam Google Apps, maka secara otomatis email dengan domain organisasi anda ( xxx@organisasianda.com) menjadi AKUN GOOGLE dan berhak atas semua fasilitas Google
2. Secara otomatis, akun email dengan domain organisasi anda akan menjadi sebuah group khusus, sehingga secara otomatis akan mengenali akun-akun lain dalam domain yang sama
Okeh dech, sekarang coba kita review secara singkat tentang aplikasi-aplikasi dalam Google Apps untuk organisasi anda.
1. Gmail
Tampilan Fasilitas Email Google Apps, sama persis dengan layout Gmail beserta semua fasilitasnya, kehebatan Gmail ini meliputi :
1. Akun Google Apps anda otomasi menjadi alamat email resmi anda dan berhak atas full fasilitas Gmail
2. Logo Organisasi untuk semua fasilitas Google Apps, logo tsb akan tampil pada semua produk Google Apps yang digunakan oleh Organisasi anda.
3. Powerful Email Search and Web Search tool, pada halaman Gmail, anda bisa mencari email yang di inginkan dan bisa juga searching web pake Search Engine Google.
4. Inbox Organized by Conversation type; semua email dalam satu subjek akan dikumpulkan dalam bentuk percakapan sehingga anda tidak akan ketinggalan info secara real-time
5. Integrated and Built-In Instant Messaging; anda bisa ber-chat ria dalam halaman Mail ini, bahkan dengan fasilitas Google Chat bisa memungkinkan untuk Voice chat dan Video Chat, GRATIS. Bisa juga transfer file tanpa batasan ukuran dan bandwidth menggunakan fasilitas IM ini.
2. Google Docs
Aplikasi ini untuk olah data seperti MS. Office, walaupun tidak selengkap MS. Office dari segi fiturnya, Google Docs dapat memfasilitasi sebagain besar fungsi olah data. Dalam Google Docs, terdapat beberapa progam olah data,yaitu :
1. Document; untuk kebutuhan ketik-mengetik, sama fungsinya seperti ms. Office
pada sudut kanan atas terdapat pilihan shared untuk membagi file untuk dikolaborasikan dengan siapa saja
2. Presentation; untuk kebutuhan membuat slide presentasi, sama fungsinya seperti MS. PowerPoint
Terdapat pilihan share pada pojok kanan atas seperti pada Document, tersedia beberapa pilihan theme, dan bisa langsung slide show dengan klik "Start Presentation" pada kanan atas. Fitur-fitur lainnya mirip dengan MS. PowerPoint koq.
3. Spreadsheet; untuk kebutuhan olah data dengan menggunakan table, sama fungsinya dengan MS. Excel
Sama dengan Docs yang lain, terdapat pilihan share pada pojok kanan atas untuk kolaborasi pengerjaan file. (hampir) SEMUA fitur Excel tersedia dalam GSpreadsheet seperti formula, fitur klik n drag, worksheet terbagi 3 pada kiri bawah.
4. Form; adalah aplikasi baru Google Apps, gunanya untuk membuat sebuah formulir isian yang dapat disebarkan kepada yang berkepentingan, baik untuk survei atau sebagai laporan perkembangan sebuah proyek, atau hanya sekedar mengumpulkan informasi dari setiap bagian atau personal.
Terdapat beberapa pilihan theme layout untuk mempercantik tampilan.
Setelah form tersebut dikirim via email dan kemudian sudah di isi oleh yang berkepentingan, hasil dari isian form tersebut akan direkap dalam file spreasheet, diinformasikan via email
5. Draw; fasilitas untuk membuat gambar. Jangan berharap aplikasi ini dapat menggantikan fungsi photoshop atau corel draw, fungsinya lebih kepada memfasilitasi fungsi fitur drawing pada MS.Office.
Fiturnya terbilang cukup lengkap untuk memfasilitasi fungsi menggambar standar.
fitur share juga tersedia untuk kolaborasi dalam membuat desain gambar.
3. Google Calendar
Aplikasi ini sangat berguna dalam manajemen sebuah organisasi, yaitu mengatur jadwal kerja, saling mengingatkan deadline proyek maupun rapat dan mengecek sejauh mana kemajuan lembaga.
Beberapa keunggulan Google Docs :
1. Create Event dengan detail, termasuk mengundang siapa saja yang termasuk dalam event/projek tsb
2. Quick Add; untuk menambahkan event dengan cepat, tulis saja informasi event seperti "meeting with iyan at 7pm tomorow" GCalendar akan memperkirakan waktu, tanggal dan dengan siapanya.
3. Melihat kalender tim yg lain(share) untuk memadukan waktu yg pas untuk membuat jadwal bersama.
4. Print calender sekalian jadwalnya.
5. Beralih view kalender yang berbeda dalam 1 klik
Kelebihan lainnya adalah :
- Terintegrasi dengan email
- pengingat jadwal melalui SMS
4. Google Site; merupakan webpages khusus setiap akun Google Apps, pada Site ini, akun bisa menampilkan perkembangan proyek, meletakkan file-file yang terkait supaya dapat di download tim yang lain.
Isinnya sangat fleksible untuk di atur sesuai dengan kebutuhan, pada umumnya terdiri dari : tampilan calendar, announcement dan uploaded file.
Alhamdulillah, sampai sini dulu aja review singkatnya untuk 4 program Google Apps, pada Post berikutnya akan dijelaskan lebih detail masing-masing program.
Tampilan Fasilitas Email Google Apps, sama persis dengan layout Gmail beserta semua fasilitasnya, kehebatan Gmail ini meliputi :
1. Akun Google Apps anda otomasi menjadi alamat email resmi anda dan berhak atas full fasilitas Gmail
2. Logo Organisasi untuk semua fasilitas Google Apps, logo tsb akan tampil pada semua produk Google Apps yang digunakan oleh Organisasi anda.
3. Powerful Email Search and Web Search tool, pada halaman Gmail, anda bisa mencari email yang di inginkan dan bisa juga searching web pake Search Engine Google.
4. Inbox Organized by Conversation type; semua email dalam satu subjek akan dikumpulkan dalam bentuk percakapan sehingga anda tidak akan ketinggalan info secara real-time
5. Integrated and Built-In Instant Messaging; anda bisa ber-chat ria dalam halaman Mail ini, bahkan dengan fasilitas Google Chat bisa memungkinkan untuk Voice chat dan Video Chat, GRATIS. Bisa juga transfer file tanpa batasan ukuran dan bandwidth menggunakan fasilitas IM ini.
2. Google Docs
Aplikasi ini untuk olah data seperti MS. Office, walaupun tidak selengkap MS. Office dari segi fiturnya, Google Docs dapat memfasilitasi sebagain besar fungsi olah data. Dalam Google Docs, terdapat beberapa progam olah data,yaitu :
1. Document; untuk kebutuhan ketik-mengetik, sama fungsinya seperti ms. Office
pada sudut kanan atas terdapat pilihan shared untuk membagi file untuk dikolaborasikan dengan siapa saja
2. Presentation; untuk kebutuhan membuat slide presentasi, sama fungsinya seperti MS. PowerPoint
Terdapat pilihan share pada pojok kanan atas seperti pada Document, tersedia beberapa pilihan theme, dan bisa langsung slide show dengan klik "Start Presentation" pada kanan atas. Fitur-fitur lainnya mirip dengan MS. PowerPoint koq.
3. Spreadsheet; untuk kebutuhan olah data dengan menggunakan table, sama fungsinya dengan MS. Excel
Sama dengan Docs yang lain, terdapat pilihan share pada pojok kanan atas untuk kolaborasi pengerjaan file. (hampir) SEMUA fitur Excel tersedia dalam GSpreadsheet seperti formula, fitur klik n drag, worksheet terbagi 3 pada kiri bawah.
4. Form; adalah aplikasi baru Google Apps, gunanya untuk membuat sebuah formulir isian yang dapat disebarkan kepada yang berkepentingan, baik untuk survei atau sebagai laporan perkembangan sebuah proyek, atau hanya sekedar mengumpulkan informasi dari setiap bagian atau personal.
Terdapat beberapa pilihan theme layout untuk mempercantik tampilan.
Setelah form tersebut dikirim via email dan kemudian sudah di isi oleh yang berkepentingan, hasil dari isian form tersebut akan direkap dalam file spreasheet, diinformasikan via email
5. Draw; fasilitas untuk membuat gambar. Jangan berharap aplikasi ini dapat menggantikan fungsi photoshop atau corel draw, fungsinya lebih kepada memfasilitasi fungsi fitur drawing pada MS.Office.
Fiturnya terbilang cukup lengkap untuk memfasilitasi fungsi menggambar standar.
fitur share juga tersedia untuk kolaborasi dalam membuat desain gambar.
3. Google Calendar
Aplikasi ini sangat berguna dalam manajemen sebuah organisasi, yaitu mengatur jadwal kerja, saling mengingatkan deadline proyek maupun rapat dan mengecek sejauh mana kemajuan lembaga.
Beberapa keunggulan Google Docs :
1. Create Event dengan detail, termasuk mengundang siapa saja yang termasuk dalam event/projek tsb
2. Quick Add; untuk menambahkan event dengan cepat, tulis saja informasi event seperti "meeting with iyan at 7pm tomorow" GCalendar akan memperkirakan waktu, tanggal dan dengan siapanya.
3. Melihat kalender tim yg lain(share) untuk memadukan waktu yg pas untuk membuat jadwal bersama.
4. Print calender sekalian jadwalnya.
5. Beralih view kalender yang berbeda dalam 1 klik
Kelebihan lainnya adalah :
- Terintegrasi dengan email
- pengingat jadwal melalui SMS
4. Google Site; merupakan webpages khusus setiap akun Google Apps, pada Site ini, akun bisa menampilkan perkembangan proyek, meletakkan file-file yang terkait supaya dapat di download tim yang lain.
Isinnya sangat fleksible untuk di atur sesuai dengan kebutuhan, pada umumnya terdiri dari : tampilan calendar, announcement dan uploaded file.
Alhamdulillah, sampai sini dulu aja review singkatnya untuk 4 program Google Apps, pada Post berikutnya akan dijelaskan lebih detail masing-masing program.
Keren tuch boss, makasih atas infonya
ReplyDelete